Sabtu, 21 Juni 2008

RASISME = MENGERIKAN!

Setelah mebaca buku ini, banyak hal yang gout pelajari tentang rasisme yang terjadi di amerika serikat, bahkan sampai detik ini. Sejarah mengenai para presiden-preiden amerika yang terbunuh oleh peluru peluru yang menembus dan bersarang dalam organ tubuh mereka yang ditembakkan oleh para snipper.

Setidaknya 18 upaya pembunuhan dilakukan terhadap presiden yang sedang berkuasa, mantan presiden atau presiden terpilih. Menghadapi kemungkinan seorang Afrika-Amerikan berada di gedung putih, tidakkah kelompok-kelompok rasis ultra-kanan dari kelompok lama Ku Klux Klan atau yang lebih kita kenal dengan nama KKK. Yang lebih baru seperti Aryan Nations-sedang membayangkan atau merencanaka pembunuhan terhadap Obama?

Mengutip kembali dari buku karya Hermawan Aksan, benar adanya bahwa rasisme di Amerika masih hidup. Karenanya, kecemasan akan adanya ancama terhadap jiwa Barrack Obama jika terpilih menjadi presiden memiliki dasar yang kuat.
Kembali kepada topik, rasisme itu apa?

Rasisme adalah doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu bahwa suatu ras tertentu kedudukannya dikatakan lebih tinggi dan memiliki hak untuk mengatur yang lainnya.
Rasisme telah menjadi factor pendorong diskriminasi sosial, segregasi dan kekerasan rasial, termasuk genosida. (artinya apa?)


Bagaimana rasisme pada masa sekarang?
Pada pertengahan 2005, Senat Amerika menyatakan perminaan maaf kepada warga kulit hitam karena tidak mengambil tindakan selama seabad yang lalu untuk mencegah tejadinya lynching.
Lynching adalah penganiayaan, penggantungan, penembakan atau penikaman oleh massa. Dulu, pelaku-pelaku kejahatan seperti ini tidak dihukum.

Apa arti semua ini?
Artinya, rasisme masih menjadi hal yang rumit di Amerika. Tetapi isunya, mayoritas warga amerika mendukung usaha sekuat tenaga untuk mengurangi ketidaksetaraan walaupun prosesnya menyakitkan dan memakan waktu yang tidak sebentar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap calon kandidat presiden Amerika yang akan dilakukan bulan November 2008 nanti, Senator Barrack Hussein Obama. Ayah kandung seorang asli Kenya dan ibu yang berasal dari kota Kanssas. Membuatnya terlahir dari intermarriage Afrika-merika. dan ini akan menjadi tantangan besar bagi sang calon kandidat yang pernah bersekolah di SD 1 Menteng ini.

3 komentar:

Gredinov Sumanta Malsad mengatakan...

hmmm...
asal muasal rasisme itu adalah teori dari darwin..

Husna Effida Zanath mengatakan...

hahaha gila lo ah cha bacaannya berat begini!

Anonim mengatakan...

Rasis = rada sinis